Homecare Company

Cantik, Alami, nan Syar'i

Sabtu, 12 September 2015

Menjaga Kesehatan Miss-V



Hi, Sobat Mollis, kali ini kita akan berbagi tips untuk merawat Miss-V, organ vital kita.

Miss-V (vagina) yang sehat adalah yang tanpa keluhan. Tidak gatal, tidak becek tidak ada peradangan/iritasi serta keputihan. Namun terkadang kita memiliki sejumlah kebiasaan yang justru membuat Miss-V terabaikan kesehatannya. Misalnya menaburkan bedak pada daerah vagina dan sekitarnya, terlalu sering membasuh vagina dengan sabun atau pembersih vagina, jarang mengganti pembalut atau pentyline, dan sering menggaruk Miss-V yang sering terasa gatal karena keputihan.

Tips Merawat Kesehatan Miss-V
Berikut adalah beberapa tips aman menjaga dan merawat kesehatan area intim wanita:
  1. Agar tidak memicu kelembaban di daerah vagina dan sekitarnya, pilih celana dalam dari bahan katun yang agak longgar. Hindari celana yang sangat ketat, atau stocking yang menutup area bokong.
  2. Bila cairan yang keluar dari vagina cukup banyak, tak ada salahnya menggunakan penty liners. Pilihlah yang tanpa parfum. Sebaiknya ganti penty liners setiap 2 jam sekali. Jika tidak, cairan vagina akan kontak dengan kulit di sekitar area intim. Hal ini semakin penting jika kamu sangat aktif. Biasanya cairan yang akan diproduksi berbanding lurus dengan tingginya aktivitasmu.
  3. Usahakan membawa botol air ketika membuang air kecil di toilet umum, agar bisa membersihkan Miss-V dengan air bersih. Lalu keringkanlah dengan tissue berserat rapat. Air di toilet umum biasanya kurang bersih, mengandung jamur atau kuman, dan bisa menyebabkan gatal-gatal.
  4. Sebaiknya jangan menggunakan sabun atau cairan khusus pembersih vagina terlalu sering. Saat mandi pagi, sore, atau malam, barulah sobat boleh membersihkan vagina dengan sabun, atau cairan khusus. Ingat di dalam Miss-V terdapat kuman normal yang bertindak sebagai benteng pertahanan vagina, sehingga bila kuman normal tersebut ikut mati, maka kuman jahat akan leluasa bergerak. Lakukanlah proses pembersihan tersebut dengan cara yang benar, yaitu dengan sambil berjongkok, bukan berdiri. Sebab dengan berjongkok, semua cairan dan sisa-sisa keputihan akan keluar.
  5. Konsumsi buah dan sayur. Keduanya berpengaruh untuk kesehatan area intimmu.
  6. Minum minimal 2 liter/hari. Air yang masuk dalam jumlah banyak , akan membuatmu buang air kecil. Hal ini untuk 'membilas' saluran kencing.
  7. Hindari kebiasaan menggaruk Miss-V yang gatal karena keputihan. Sebab bila terjadi luka, maka area tersebut akan semakin lembab. Sehingga kuman akan semakin senang bersarang di sana.
  8. Cukup minum vitamin, mineral, dan zinc. Penyembuhan luka atau lecet pada Miss-V akan sangat terbantu oleh zinc.
  9. Sebaiknya cepat konsultasikan ke dokter bila terjadi keputihan yang tidak normal, dapat diidentifikasi dari kuantitas, warna, dan bau. Jangan menunda, terlebih bila area tersebut terluka.
  10. Selain beberapa perawatan di atas, sobat juga bisa melakukan perawatan Miss-V dari dalam, dengan mengkonsumsi jamu rapet wangi, atau kunir sirih 3x dalam seminggu.
  11. Jangan lupa untuk mencukur rambut kemaluan sebulan sekali. Karena sebab disamping itu sunnah Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam, juga sangat berpengaruh bagi kebersihan dan kesehatan organ vital. Bila tidak dicukur, rambut kemaluan bisa menjadi sarang kutu kelamin, kuman, dan bakteri penyebab penyakit.
Miss-V (vagina) yang sehat adalah yang tanpa keluhan. Tidak gatal, tidak becek, tidak ada peradangan/iritasi serta keputihan. Oke sekian penjelasan singkat Si Mollis untuk kesehatan Miss-V. Semoga bermanfaat.



Refrensi:
Elfata, edisi 05, volume 10.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar