Homecare Company

Cantik, Alami, nan Syar'i

Kamis, 03 September 2015

Nasihat Berharga Untuk Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Anda



Hi, Sobat Mollis. Dalam postingan kali ini, Insyaaa Allah admin akan membahas mengenai rahasia menjaga tubuh agar tetap sehat dan cantik alami nan syar'i.

Menjaga Kesehatan

Hidup sehat merupakan idaman setiap manusia. Dengan cara hidup sehat maka akan memberi jaminan kesehatan dan kefiatan bagi manusia. Untuk memulai kiat hidup sehat hakikatnya bisa dikendalikan oleh manusia. Berikut diantaranya kiat-kiat hidup sehat, yaitu:

1. Meminimalisir makanan berminyak dan berkolesterol

Hasil dari penelitian-penelitian yang dilakukan menunjukkan, bahwa makanan-makanan yang kaya lemak dan kolesterol adalah faktor penyebab terbesar penyakit-penyakit ini. Minyak dan kolesterol banyak didapati pada daging yang berlemak tinggi, telur, susu berlemak, dan kebanyakan permen, terutama yang bahan dasarnya dari lemak hewani seperti mentega. Bahkan kebanyakan minyak nabati (terutama minyak kelapa dan kelapa sawi), walaupun bebas dari kolesterol, tapi mengandung banyak kadar lemak. Mengonsumsi secara berlebihan salah satu dari jenis minyak ini bisa berimplikasi pada peningkatan kadar kolesterol darah.

2. Menjauhi rokok

Hasil dari penelitian-penelitian terkini menetapkan, bahwa wanita perokok lebih cepat mengalami menopause sebelum waktunya. Karena zat-zat racun yang dikandung oleh rokok menyebabkan habisnya hormon estrogen secara cepat dari tubuh wanita, yaitu hormon yang mencegah terhentinya haid dan selanjutnya memperlambat waktu menopause.

3. Menjauhi bir dan alkohol
Mengonsumsi bir secara berlebihan bisa berakibat terserang penyakit jantung, penyakit mulut kanker paru-paru, dan kanker pancreas. Dan pada kalangan wanita, mereka akan lebih rentan terserang pendarahan usus, tekanan darah tinggi, dan timbunan lemak pada jantung yang berakibat pembesaran jantung, gagal jantung, obesitas, anemia, dan gizi buruk.

4. Berolahraga

Aktivitas berolahraga yang paling banyak memberikan manfaat kepada tubuh adalah olahraga yang dilakukan di udara terbuka, seperti berjalan, berlari, berenang, dan bersepeda. Olahraga-olahraga jenis ini sangat baik untuk menguatkan jantung serta mengurangi kemungkinan serangan jantung. Demikian juga dapat menyelesaikan masalah obesitas serta mengurangi berat badan.

Seharusnya seseorang menjadikan olahraga sebagai hobi atau refreshing, tiga kali seminggu, tidak kurang dari dua puluh menit setiap kali berolahraga tanpa dipaksakan. Sebagaimana harus diperhatikan juga kelurusan punggung pada saat latihan olahraga. Adapun dalam kondisi gangguan jantung, diharuskan berkonsultasi pada dokter untuk menentukan jenis olahraga yang tepat.

5. Memeriksakan diri ke dokter secara periodik

Memeriksakan diri ke dokter adalah perkara yang sangat penting, dan harus dilakukan dengan rutin dan teratur. Lewat pemeriksaan berkala, sebagai contoh, memungkinkan diagnosis sejak dini terhadap kanker usus besar (colon) dan kanker anus. Identifikasi penyakit ini secara dini membantu keberhasilan proses operasi. Tapi sangat disayangkan, jika identifikasi penyakit ini terlambat, maka susah disembuhkan.

6. Mengendalikan berat badan

Harus dilakukan pengaturan makanan, di mana kandungan kadar lemaknya tidak boleh lebih dari 20% dari keseluruhan makanan. Dengan kadar ini memungkinkan tidak naiknya berat badan, karena berat badan akan naik dengan mengonsumsi bahan-bahan berlemak.

Untuk meningkatkan berat badan yang sangat kurus disarankan mengonsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi dan memperbanyak buah-buahan kering, makanan-makanan kaya zat tepung, dan kue atau roti. Sedangkan, dalam kondisi kegemukan disarankan agar menjaga keteraturan waktu makan dan agar tidak mengunyahnya secara cepat, karena itu akan menjadikan seseorang makan banyak, lebih banyak dari yang dibutuhkan tanpa merasa kenyang.

Adapun bagi wanita yang sedang mengandung, mereka harus menjaga kadar makanan yang dikonsumsinya, terutama pada separo pertama masa kehamilan, karena kadar makanan yang lebih bisa berakibat berat badan lebih. Hendaknya mereka lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah segar untuk memperoleh vitamin yang cukup bagi pertumbuhan.

7. Tidur dan fungsinya

Waktu dan jumlah istirahat yang tidak teratur terkadang berakibat pusing. Sebaiknya waktu istirahat diatur dengan benar, di mana kita tidur dan bangun pada waktu-waktu yang ditentukan dan ditetapkan, dengan memberikan tubuh istirahat yang cukup, tidak lebih dan tidak kurang.

8. Ketenangan jiwa

Ketegangan psikologis yang dihadapi seseorang dapat melemahkan system kekebalan tubuhnya. Sedih, gelisah, tidak bisa tidur, dan syaraf kejang harus diikuti dengan istirahat beberapa saat untuk menghilangkan efeknya, dan disarankan agar setelahnya melakukan kegiatan yang menghibur jiwa dan olahraga jalan, menghindari tempat-tempat yang bising, serta rekreasi ke tempat-tempat yang tenang.

9. Memakai obat-obatan berdasarkan petunjuk dokter

Jangan biasakan diri Anda memakai obat-obatan, vitamin, dan anti biotic semau Anda, tetapi harus berkonsultasi kepada dokter ketika hendak memakai salah satu bahan dan obat-obatan ini.

10. Meminimalisir konsumsi kopi dan teh

Keduanya sama seperti rokok, bekerja memacu hormone adrenaline yang meningkatkan tingkat sensitif manusia terhadap rasa sakit. Sebagaimana keduanya mengandung zat-zat stimulus yang berpengaruh terhadap tidur seseorang dan menjadikannya resah dan tidak tenang.

Meminum kopi pagi-pagi, sementara lambuung masih kosong dari makanan dapat memacu produksi asam lambung. Hal ini, di samping sebab-sebab yang lain, sperti merokok dan stress, memungkinkan terjadinya luka.

Merawat Kecantikan Secara Alami nan Syar'i
“Dan hendaklah kalian (wahai istri-istri Nabi) menetap di rumah-rumah kalian dan janganlah kalian bertabarruj (berhias) seperti kebiasaan wanita-wanita jahiliyah yang dahulu)”. (QS. Al-Ahzab [33]: 33)
Sesungguhnya, kecantikan alami yang paling hakiki adalah kecantikan yang bersumber dari dalam (akhlaq) seseorang. Apa yang terpancarkan diluar merupakan pancaran dari dalam diri orang tersebut. Sebab kecantikan fisik suatu saat akan hilang dimakan oleh zaman (usia).

Mempercantik diri tidak ada salahnya, asalkan sesuai dengan ketentuan-ketentuan syari’. Yakni tidak melebihi batasan syari’at. Cara mempercantik diri dari luar harus memperhatikan hal-hal berikut:

Pertama, niatkan mempercantik diri untuk suami (bila sudah bersuami). Islam tidak melarang wanita untuk tampil cantik, bahkan Islam menawarkan hal yang sangat mulia yaitu mempersilahkan wanita untuk bersolek di rumah suaminya. Karena jika mempercantik diri diluar rumah suaminya, maka yang ditakutkan adalah munculnya peluang fitnah dan membuka kesempatan kepada orang yang berpenyakit di dalam hatinya untuk melakukan sesuatu yang tidak-tidak. Jadi tidak benar jika wanita dilarang berhias diri dalam Islam. Islam menawarkan hal yang begitu mulia untuk wanita.

Kedua, perhatikanlah kebersihan badan, mulut, dan pakaian. Sudah seharusnya seorang wanita menjaga kebersihan badannya dengan mandi. Wanita muslimah hendaknya selalu menjaga kebersihan mulutnya dengan cara membersihkan giginya dengan siwak atau sikat gigi dan alat pembersih lain jika tidak ada siwak. Islam menyukai orang yang menjaga kebersihan pakaiannya dan tidak menyukai orang yang berpakaian kotor padahal ia mampu mencuci dan membersihkannya.

Ketiga, sesuai dengan syari’at. Tidak mempercantik diri agar terlihat menawan dan rupawan di hadapan orang lain (tabarruj). Sehingga mengundang kekaguman atau syahwat dari lawan jenis. Jangan hanya karena alasan trend dan mode terkini alhasil batasan syari’at pun dilanggar.

Keempat, jangan berlebihan. Hal-hal baik pun jika dilakukan berlebihan akan tidak baik hasilnya. Sebagaimana Allah Azza wa Jalla berfirman:
Katakanlah: "Hai Ahli Kitab, janganlah kamu berlebih-lebihan (melampaui batas) dengan cara tidak benar dalam agamamu. Dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu orang-orang yang telah sesat dahulu (sebelum kedatangan Muhammad) dan mereka telah menyesatkan kebanyakan (manusia), dan mereka tersesat dari jalan yang lurus". (al-Mâ`idah [5]:77)
Hidup sehat dan tetap cantik lahir batin bukanlah impian. Asalkan kita mau mengubah pola hidup kita dan tentunya memperbaiki niat kita, mulai dari sekarang. Insya Allah. Semoga bermanfaat.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Referensi:

[1] Adil Fahmi, Rahasia Kecantikan & Kesehatan Wanita Dari A-Z (Asrar an-Nisa ‘min al-Alif ila al-Ya’), Jakarta: DARUL HAQ, 2014.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar